Cara Alami Menyegarkan Nafas


Cara Alami Menyegarkan Nafas

Informasi Teraktual – Siapa yang tidak ingin memiliki napas segar? Selain mengartikan bahwa tidak ada masalah pada mulut dan percernaan, napas yang segar juga meningkatkan percaya diri. Salah satu cara menyenangkan untuk mendapatkan napas segar adalah dari pintar memilih makanan yang dimakan.

Makanan dapat mempengaruhi bau napas. Sisa-sisa makanan yang barbau menyengat di mulut akan berkontribusi menghasilkan bau yang tak sedap.

Nah, simaklah 5 makanan berikut yang dapat membantu menyegarkan napas Anda.

1. Teh

Satu cangkir teh hijau atau hitam dapat mengurangi bau mulut dengan kandungan polifenolnya. Selama Anda tidak menambahkan gula pada teh, maka antioksidan ini akan bekerja membunuh bakteri yang menyebabkan bau bulut. Penelitian dari University of Utah Health Care melansir bahwa orang yang rutin minum teh cenderung untuk memiliki napas yang segar dibanding dengan mereka yang tidak.

2. Yogurt

Yogurt tanpa gula dapat melawan bau mulut setelah enam minggu konsumsi rutin. Hal ini mungkin disebabkan oleh aksi bakteri “baik” yang dapat mematikan bakteri “jahat” penyebab bay napas. Ditambah lagi, yogurt mengandung vitamin D yang juga membantu untuk melawan bakteri.

3. Tanaman obat

Tanaman obat seperti sirih bukan hanya dapat membunuh bakteri di dalam mulut, tetapi juga menyegarkan mulut. Tanaman obat yang berbentuk daun hijau mengandung klorofil membantu menyegarkan napas tanpa menambah aroma lain yang berlebihan. Selain sirih, cobalah daun mint, parsley, dan biji adas.

4. Apel

Menurut American Dietic Association, mengunyah buah-buahan dan sayur-sayuran segar seperti apel, seledri, dan wortel dapat membantu menghilangkan plak pada gigi yang menyebabkan bau mulut. Mengunyah meningkatkan produksi liur dan mencegah perkembangbiakan bakteri.

5. Jeruk 

Rekomendasi dari seorang profesor gigi di New York, buah yang tinggi kandungan vitamin C dapat memusnahkan bakteri yang tidak diinginkan di dalam mulut. Buah yang kaya vitamin C juga membantu melawan penyakit seperti radang gusi yang menambah parah bau mulut.

sumber: kompas.com

Leave a Comment